logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Polda Papua Akan Menindak Siapa Saja Memberi Sumbangan Untuk HUT OPM

Polda Papua Akan Menindak Siapa Saja Memberi Sumbangan Untuk HUT OPM
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw
Papua, Pro Legal News - Polisi meningkatakan pengawasan dan patroli di derah rawan menjelang aksi teros KKB menjlang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw melarang kepala desa memberikan sumbangan dana untuk kegiatan HUT OPM jika tidak akan ditindak tegas.

Larangan ini terkait dengan betedarnya surat edaran dari KKB yang ditujukan kepada para kepala kampung untuk meminta dukungan pendanaan. "Apa pun alasannya saya melarang kepala desa atau kepala dusun untuk memberikan sumbangan sedikit pun, apa pun alasannya. "Kami akan tindak tegas,"kata Irjen Paulus, Sabtu (23/11).

Kelompok bersenjata yang selama ini sering melakukan serangkaian aksi penembakan dan pembunuhan terhadap aparat dan warga sipil di pedalaman Papua. Mereka sering menekan semua pihak untuk menggalang dukungan pendanaan untuk kegaiatan mereka pada 1 Desember nanti.

Dana-dana itu, rencananya akan digunakan oleh kelompok bersenjata untuk membeli dan mendapatkan amunisi maupun senjata api. Kelompok itu juga melakukan perampasan dari senjata dan amunisi aparat.

Menurut Kapolda Paulus, penangkapan gembong KKB Sinak, Iris Murib di Kali Pindah-pindah, Distrik Iwaka, Mimika pada Kamis (21/11) masih ada kaitan erat  dengan rencana aksi teror pada tanggal 1 Desember mendatang.

Selama beberapa waktu terakhir ini Iris Murib berada di sekitaran Timika dalam rangka mencari amunisi dan berbagai perlengkapan lain untuk kepentingan melakukan teror. Iris bergabung dengan kelompok lain dalam perjalanan dari berbagai wilayah melintasi Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Rencananya mereka akan bergabung dengan kelompok dari Timika untuk melakukan aksi bertepatan dengan 1 Desember nanti. Karenanya Polda Papua dan jajaran Polres di seluruh wilayah Papua terus.meningkatkan kegiatan sweeping maupun razia-razia senjata tajam dan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Razia ini guna.mengeliminir pergerakan kelompok melakukan aksi teror. Polisi dan TNI setiap hari melakukan sweeping dan razia-razia. Warga masyarakat dihimbau tidak membawa alat tajam maupun bahan-bahan yang mencurigakan.

Polisi tidak segan-segan untul memproses secara hukum orang-orang yang kedapatan membawa senjata tajam maupun barang-barang mencurigakan lainnya jika tertangkap razia. Tim
Papua Polda Papua Akan Menindak Siapa Saja Memberi Sumbangan Untuk HUT OPM
Iklan Utama 5