logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Presiden Jokowi Apresiasi Kapolda Jatim Bangun Kampung dan Pesantren Tangguh

Presiden Jokowi Apresiasi Kapolda Jatim Bangun Kampung dan Pesantren Tangguh
Surabaya, Pro Legal News - Keberadaan kampung dan pesantren tangguh yang digagas Kapolda Jawa timur (Jatim) Irjen DR Fadil Imran dalam menghadapi pandemi COVID-19 membuahkan hasil yang cukup menggembirakan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun ikut mengapresiasi ide cemerlang orang nomor satu di Polda Jatim itu.

Diharapkan, keberadaan kampung tangguh di Jawa Timur patut ditiru jajaran polda lainnya dalam menghadapi pandemi virus corona yang melanda negeri ini. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dan Polri serta instansi terkait lajnnya dengan satu tujuan, penyebaran COVID-19 bisa cepat teratasi dan menghilang dari bumi Indonesia.

Salah satu yang dilakukan dengan berdirinya kampung tangguh di wilayah Jawa Timur. Pekan lalu Kapolda Jawa Timur, Irjen DR Muhammad Fadil Imran bersama Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Agus Setyawan meresmikan 35 kampung tangguh di wilayah Sidotopo, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. 

Selain 35 kampung tangguh, Kapolda Irjen Fadil juga secara bersamaan meresmikan dua pesantren tangguh di wilayah tersebut. Acara peresmian kampung dan pesantren tangguh digelar di Balai RW IV Sidotopo. 

Perismian itu juga terkoneksi melalui video Zoom bersama 35 relawan Kampung Tangguh Semeru yang diresmikan itu. Kapolda Jatim Irjen Fadil dalam sambutannya menyatakan, TNI/Polri selalu siap membantu Wali Kota Surabaya dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Kota Surabaya.

Untuk diketahui, berdirinya Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo di RW 4 tadinya ada 16 PDP dan 1 pasien positif, kita tercatat 10 orang telah dinyatakan sembuh. Selain itu, warga yang positif dinyatakan positif juga sudah sembuh.

Menurut Irjen Fadil, hal ini membuktikan peran Kampung Tangguh Semeru sangat efektif dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Jawa Timur. "Kampung Tangguh Semeru kita optimalkan fungsinya untuk melaksanakan upaya-upaya kuratif. Ke depan misalnya di kelurahan ada warga yang memiliki keluhan seperti suhu tubuhnya di atas 37,5 yang ditemukan oleh bagian penjagaan checkpoint di depan kemudian ada yang melaporkan,” kata Kapolda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Fadil berharap, Gugus Tugas Satgas Kesehatan yang ada di kampung tangguh akan melapor kepada tiga pilar sehingga bisa dilaksanakan rapid test. “Jadi benar-benar kita dari awal sudah melakukan intervensi. Ini sangat efektif kemudian kita lanjutkan dengan tes tentunya didukung oleh Dinas Kesehatan Kota Madya Surabaya,” ujar jenderal bintang dua itu. 

Dikatakan DR Fadil Imran, saat ini pihaknya sedang gencar-gencarnya melakukan upaya-upaya tes di berbagai wilayah. Tes yang diikuti tentunya dengan tracing apabila kemudian positif akan juga efektif, sehingga akan lebih maksimal karena warga terlibat langsung.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Fadil mewakili Kapolri Jendral Polisi Idham Azis memberikan bantuan berupa sembako untuk Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Surabaya. “Saya berharap dengan hadirnya Kampung Tangguh Semeru ini menjadi sarana yang efektif untuk membangun keluarga yang tangguh seperti harapan Bu Risma,” imbuhnya.Tommi
Jawa Timur Presiden Jokowi Apresiasi Kapolda Jatim Bangun Kampung dan Pesantren Tangguh
Iklan Utama 5