logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Polda Jatim Gelar Patroli Lakukan Pembubaran Cegah COVID19

Polda Jatim Gelar Patroli Lakukan Pembubaran Cegah COVID19
Jatim, Pro Legal News - Dengan berbagai cara untuk mencegah dan menangkal penyebaran Virus Corona Covid - 19, maka seluruh jajaran Polda Jatim melakukan giat bersama masyarakat untuk menutup tempat yang disinyalir berdampak indikasi lebih rawan penularannya terhadap Covid -19 sementara ini.

Dalam penelusuran didapat ada sejumlah tempat lokasi nongkrong di Surabaya yang dijumpai pada Sabtu 2020 kemarin , karena yang dilakukan ini adalah kewajiban pencegahan agar tidak terkena penularan covid - 19 tersebut.

Direktur Samapta Polda Jatim Kombes Pol Sugeng Ingat Rikolo, langsung memimpin pelaksanaan kegiatan Patroli tersebut dan hal tindakan patroli itu adalah tindak lanjut dari Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis tentang pembubaran keramaian orang.

"Pelaksanaan patroli sudah sering dilakukan oleh Polda Jatim untuk membubarkan kerumunan warga masyarakat yang berkumpul dan nongkrong, bahkan dihimbau bagi warga masyarakat untuk berada dirumah jika tidak berkepentingan mendesak keluar rumah serta penyemprotan cairan Disinfektan juga dilakukan dibenerapa tempat," terang Kombes Sugeng.

Sementara jumlah positif terpapar Covid- 19 di Wilayah Jawa Timur hingga Sabtu 4 April  2020 sebanyak 152 orang, rinciannya sebagai berikut, untuk Surabaya 77 orang, Sidoarjo 14 orang, Lamongan 10 orang, Magetan 9 orang, untuk Situbondo 6 orang, Kabupaten Malang 5 orang, Kota Malang 5 orang, Nganjuk 4 orang, Gresik 4 orang, Kabupaten Kediri 4 orang, Lumajang 3 orang, Jember 2 orang, Kota Batu 1 orang, Kota Blitar 1 orang, Kota Kediri 1 orang, Tulungagung 1 orang, Banyuwangi 1 orang, Pamekasan 1 orang, Jombang 1 orang dan Kabupaten Madiun 1 orang.

Bagi warga yang statusnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini telah memcapai 780 orang atau bertambah dari data sehari sebelumnya sejumlah 717 orang, diprediksikan akan bertambah tapi diharapkan pula menurun.

Sedangkan katagori bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) saat ini tercatat 10.116 orang atau meningkat dari sehari sebelumnya tercat sejumlah 9.435 orang, maka diharapkan ODP segera berkurang.

Hingga sekarang Polda Jatim tidak henti - hentinya berpatroli untuk menghimbau masyarakat baik secara langsung maupun melalui berbagai Media dan Medsos.

Diharapkan masyarakat untuk memperhatikan anjuran oleh pihak pemerintah pusat maupun daerah, agar lebih baik tinggal dirumah dari pada keluar rumah, bahkan disarankan untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat sehari - harinya.

Patroli yang dilakukan Polda Jatim Sabtu 2020 yang lalu, telah menyisir tempat Pixel E Sport Arena dan MSI yang berada di kawasan Jln.Raya Nginden Surabaya, diketahui tempat itu didapat banyak anak muda sedang nongkrong dengan bermai Game Online

Dilanjutkan menuju Jln.Klampis Jaya Surabaya yakni di Geforce GTXi Cafe Gold dan Ultimate Gaming Gear, namun didua lokasi ini sepi pengunjung, sehingga dilakukan penemprotan cairan Disenfektan oleh anggota Dit Samapta dan Tim Kimia Biologi Radio Aktif (KBR) Gegana Brimob Polda Jatim.

Untuk wilayah Kenjeran SurabayaTimur menjadi sasaran Patroli. Cafe Giras Al-Mina menjadi tempat tongkrongan anak muda dan disitu juga disediakan berbagai fasilitas, saat itu didapat banyak berkumpul warga sedang nongkrong, mereka dihimbau untuk membubarkan diri segera oleh petugas.

Selanjutnya, seputar wilayah Timur yaitu di STK Sedulur Tunggal Kopi Jln.Putro Agung Wetan Surabaya, disini pun tidak bedanya dengan di Giras Al-Mina juga.

"Kegiatan patroli pembubaran dan menghimbau kepada masyarakat yang masih berkumpul ditempat- tempat nongkrong terus digalakan oleh Polda Jatim dan jajarannya hingga tidak ada lagi masyarakat yang terinveksi Covid - 19 tersebut.

Diharapkan semoga masyarakat Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya agar mematuhi anjuran dari Pemerintah serta jangan keluar rumah, jika tidak ada kepentingan," tutur Dir Samapta Polda Jatim. (djoko)
Jawa Timur Polda Jatim Gelar Patroli Lakukan Pembubaran Cegah COVID19
Iklan Utama 5