logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Porsoni dan Festifal Karampuang Meriahkan HUT Sulbar ke 15

Porsoni dan Festifal Karampuang Meriahkan HUT Sulbar ke 15
Sulbar, Pro Legal News - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Barat (Sulbar) ke-15, Pemprov Sulbar menggelar pembukaan Pekan Olahrga dan Seni (Porseni) untuk external. Pekan olahraga ini sekaligus dirangkaikan dengan pembukaan Festival Karampuang yang berlangsung pada Senin 16 September 2019, di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar. Dia berpesan agar seluruh peserta Porseni dan Festival Karampuang dapat berkompetisi dengan baik. "Berkompetisilah dengan baik, semoga kegiatan  ini  dapat berjalan dengan baik dan sukses," kata Ali Baal.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, Muhammad Hamzih mengatakan, Porseni merupakan bagian dari upaya menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dan kejuangan serta persatuan dalam membangun Sulbar yang maju.

"Kegiatan porseni ini menjadi penting dan amat penting karena bersamaan dengan peringatan hari jadi Sulbar ke-15, sebagai tahun era industri four point zero atau empat titik nol," kata Hamzih.

Lomba porseni external ini akan dilaksanakan mulai 16 sampai 21 September dan diikuti peserta dari enam kabupaten se-Sulbar,  instansi vertikal, lembaga pemerintah dan swasta.

Cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya,  sepak bola, bulu tangkis, bola volley putera, sepak takraw dan tennis lapangan. Sedangkan cabang seni, yakni peragaan busana dan nyanyi solo masing-masing putera dan puteri.

Hasil lomba pada Porseni tahap pertama antar OPD lingkup Pemprov Sulbar, yang keluar sebagai juara umum adalah Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, dengah meraih empat emas dan satu perunggu. Juara kedua diraih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan dua emas, satu perak dan satu perunggu. Sedang juara ketiga Satpol PP dengan dua emas dan satu perunggu.

Terkait pelaksanaan Festival Karampung, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Farid Wadji mengatakan,  Festival Karampuang dilaksanakan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan budaya yang ada di Sulbar.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di Sulbar, khususnya di Mamuju sebagai ibu kota provinsi," ujar Farid.

Kegiatan itu dilaksanakan pada dua tempat, yakni di Pulau Karampuang dan Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam  Festival Karampuang diantaranya, pertunjukan seni dan pameran hasil kerajinan tangan.

Peserta  kegiatan berasal dari enam kabupaten se-Sulbar, sanggar seni dan pelajar SMA/sederajat yang ada di Mamuju. Pelaksanaan Porseni diawali dengan defile peserta lomba, sedangkan untuk Festival Karampuang, dimeriahkan  karnaval yang diikuti Marching Band Langga Monar,  Puteri Kebudayaan Sulbar 2019, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sulbar dan pelajar SMA/saderajat Mamuju.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Wagub Sulbar, Enny Amggraeni Anwar, instansi vertikal, pimpinan OPD, perwakilan kabupaten dan lainnya. (mhy/tian)
Sulawesi Porsoni dan Festifal Karampuang Meriahkan HUT Sulbar ke 15
Iklan Utama 5