logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Berkas Dinyatakan Sudah lengkap, Lukas Enembe Akan Segera Disidang

Berkas  Dinyatakan Sudah lengkap, Lukas Enembe Akan Segera Disidang
Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe (rep)
Jakarta, Pro Legal – Saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai melakukan penyidikan dengan melengkapi berkas perkara suap dan gratifikasi tersangka Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe.

Sesuai jadwal KPK akan menyerahkan berkas perkara dan tersangka dari tim penyidik kepada jaksa KPK hari ini. "Hari ini diagendakan pelaksanaan penyerahan tersangka Lukas Enembe dan barang bukti dengan dari Tim penyidik kepada Jaksa KPK," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (12/5).

Menurut Ali, penyerahan tersebut dilaksanakan setelah berkas perkara, baik syarat formil maupun materiil perkara Lukas sudah lengkap. "Terkait kasus penerimaan suap dan gratifikasi," ujarnya.
Seperti diketahui Lukas diproses hukum KPK atas kasus dugaan suap dan gratifikasi. Gubernur nonaktif itu diduga menerima suap Rp1 miliar dari Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka.

Suap tersebut juga disinyalir berkaitan dengan proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemerintahan Provinsi di Papua.

KPK juga menduga Lukas menerima gratifikasi senilai Rp10 miliar. Akan tetapi, KPK belum mengungkap pihak-pihak pemberi gratifikasi tersebut.

KPK juga menjerat Lukas dan Rijatono dengan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Saat ini KPK juga sudah menyita salah satu aset, yakni hotel milik Lukas senilai Rp 40 miliar.(Tim)



Tipikor Berkas  Dinyatakan Sudah lengkap, Lukas Enembe Akan Segera Disidang
Iklan Utama 5