logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Azwar Anas Ditunjuk Untuk Menempati Kursi Menpan RB

Azwar Anas Ditunjuk Untuk Menempati Kursi Menpan RB
Mantan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas (rep)
Jakarta, Pro Legal News- Mantan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada Rabu (7/9) ini.

Azwar Anas diketahui menggantikan posisi almarhum Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes. Sejak saat itu, kursi Menpan RB kosong. Artinya, sudah 68 hari tidak ada pejabat definitif Menpan RB.

Kursi Menpan yang kosong itu sempat diduduki Menkopolhukam Mahfud MD yang menjabat sebagai Menpan RB Ad Interim selama Tjahjo dirawat. Penunjukan Mahfud sebagai Menpan-RB ad interim diumumkan 24 Juni oleh Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widyantini.

Setelah Tjahjo wafat, jabatan Menpan RB sempat diisi sementara oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 4-15 Juli 2022. Mahfud kemudian kembali menduduki posisi pengganti berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 75/P Tahun 2022.
Sebelum dilantik sebagai Menpan RB sebelumnya Azwar Anas menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dia baru menduduki jabatan itu pada 13 Januari lalu.

Ia pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. Nama Azwar juga sempat diisukan menjadi kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ia merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP).(Tim)



Tipikor Azwar Anas Ditunjuk Untuk Menempati Kursi Menpan RB
Iklan Utama 5