logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Tiga Kecamatan Di Bandung Alami Kekeringan

Tiga Kecamatan Di Bandung Alami Kekeringan
Bandung, Prolegalnews - Kabupaten Bandung mengalami kekeringan hal tersebut diterangkan oleh Badan Pengulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung. Menurut keterangan sudah ada tiga kecamatan yang mengalami kekeringan. Penurunan debit air tersebut terjadi karena wilayah Kabupaten Bandung memasuki musim kemarau basah.

Saat ini ada tiga kecamatan yang mengalami kekeringan, dan daerah yang mengalami kekeringan itu terjadi di Kecamatan Baleendah, Cicalengka dan Rancaekek sesuai keterangan dari Kepala BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara."Di tengah kondisi seperti ini ada beberapa wilayah kecamatan yang sudah mengajukan permintaan agar segera di drop air bersih, karena sudah ada penurunan debit air. Seperti Kecamatan Cicalengka, Rancaekek, dan Baleendah," ujar Akhmad.(2/9/2020).

Kekeringan ini untungnya tidak terjadi di seluruh wilayah kecamatan. Hanya beberapa wilayah saja yang mengalami kekeringan seperti wilayah yang ebrada di lokasi yang cukup terjal dan tinggi yang mengalami kekeringan. "Balee endah sendiri yang meminta air justru Kelurahan Andir, karena kan sampai dengan wilayah pegunungan ada yang kesulitan air," ujarnya.

Selain itu, Akhmad menerangkan, ada sejumlah wilayah masuk dalam zona merah di Kabupaten Bandung. Di antaranya, Rancaekek, Cicalengka, Baleendah, Arjasari, Soreang, Ciwidey dan Pangalengan. "Untuk saat ini sangat banyak, karena di Kabupaten Bandung wilayahnya berbukit-bukit seperti Baleendah, Arjasari, Soreang, Ciwidey, Pangelengan, sama masuk zona merah. Karena wilayah perbukitan itu selalu rentan terjadinya penurunan debit air," tuturnya.

Akhmad pun menyimpulkan, hingga bulan September ini kekeringan di Kabupaten Bandung masih terkendali. Itu pun terbantu dengan adanya bantuan sumur dangkal atau pipanisasi di beberapa lokasi yang rawan kekeringan. "Namun ada beberapa program dari pemerintah yang dirintis, untuk dilaksanakan oleh Disperkintan ini ternyata cukup efektif juga. Ada wilayah yang dulunya sangat sulit air tapi sekarang ada beberapa wilayah yang sudah dibuatkan sumur dangkal atau pipanisasi yang membuat kekeringan dapat teratasi,"ujarnya.

Sehingga tidak semua kecamatan yang mengalami kekeringan di daerah kabupaten Bandung, untuk mengatasinya Pemerintah Kabupaten Bandung memberikan solusi alternatif agar warga daerah kecamatan yang terpapar kekeringan dapat mengendalikan saat musim kemarau.Tim
Jawa Barat Tiga Kecamatan Di Bandung Alami Kekeringan
Iklan Utama 5