logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Miliki Elektabilitas Tinggi, Anies Baswedan Berpeluang Menjadi Cagub DKI Jakarta

Miliki Elektabilitas Tinggi, Anies Baswedan Berpeluang Menjadi  Cagub DKI Jakarta
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan mantan Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil (rep)
Jakarta, Pro Legal – Pasca kekalahannya dalam Pilpres 2024, Anies Baswedan kini berpeluang menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2024.

Elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih terbilang tinggi. Sebelumnya Anies sudah menyatakan diri siap untuk memperebutkan kursi gubernur di Pilkada 2024 untuk periode kedua. Tinggal menunggu tiket dari koalisi partai politik pemilik kursi DPRD.

Sejumlah lembaga survei telah menghitung elektabilitas para kandidat yang berpotensi maju mengikuti kontestasi.

Dari hasil survei sejumlah lembaga, elektabilitas Anies bersaing dengan Ridwan Kamil dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang digadang-gadang turut akan maju sebagai calon gubernur.

Berikut elektabilitas Anies dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga seperti Proximity Indonesia yang telah merilis hasil surveynya dengan menunjukkan Anies memiliki elektabilitas tertinggi sebesar 18,50 persen.

Di urutan kedua ada nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, lalu Ridwan Kamil di urutan ketiga. Survei itu dilakukan pada 16-25 Mei 2024 dengan melibatkan 800 responden dari 80 kelurahan di Jakarta yang tersebar secara proporsional.

Tetapi berdasarkan hasil survey Lembaga Survei Jakarta (LSJ)
Elektabilitas Anies kalah dari Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini berdasarkan hasil survei LSJ. Anies hanya mempunyai elektabilitas 18,4 persen.

Survei itu digelar oleh LSJ ketika masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung yakni pada 8-15 Januari lalu dengan hasil, Ridwan Kamil (RK): 23,4 persen, Tri Rismaharini: 19,2 persen Anies Baswedan: 18,4 persen.

Sementara hasil berdasarkan hasil survei Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI), RK duduk di posisi pertama dengan elektabilitas 30,5 persen sementara Anies sebesar 29 persen.

Duduk di posisi ketiga yaitu Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan elektabilitas sebesar 7 persen, dan Ridwan Kamil (RK): 30,5 persen sedangkan Anies Baswedan memperoleh : 29 persen.(Tim)



DKI Jakarta Miliki Elektabilitas Tinggi, Anies Baswedan Berpeluang Menjadi  Cagub DKI Jakarta
Iklan Utama 5