logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Sejumlah Partai Mulai Daftarkan Calegnya ke KPU, 3 Partai Wacanakan Pembentukan Koalisi Baru .

Sejumlah Partai Mulai Daftarkan  Calegnya  ke KPU, 3 Partai Wacanakan Pembentukan Koalisi Baru .
Kandidat Cawapres, Prabowo Subianto, Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (rep)
Jakarta, Pro Legal – Sejumlah partai mulai mendaftarakan Calegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai Gerindra dan PKB bakal mendaftarkan calon anggota legislatif (Caleg) mereka ke KPU, Jakarta Pusat, besok Sabtu (13/5). Sementara Partai Golkar juga menyerahkan berkas pendaftaran Calegnya besok.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono membenarkan informasi tersebut. "Rencananya betul besok," ujar Budi, Jumat (12/5).

Selain Budistario, Ketua DPP PKB Daniel Johan menyampaikan partainya akan mendatangi KPU pada Sabtu siang. "Iya, benar jam 14.00 WIB," ujarnya.

Sementara Waketum Golkar Firman Soebagyo mengungkapkan Golkar juga akan mendaftarkan Caleg-Calegnya ke KPU esok hari. "Rencananya besok," ujar Firman Soebagyo.

Saat itu Firman juga menjelaskan jika Golkar akan melakukan finalisasi pembahasan bakal Caleg terlebih dulu pada hari ini. Ia memastikan para Caleg Golkar sudah siap untuk bertarung di Pemilu 2024. "Insyaallah sudah siap. Yang jelas terpenuhi semua 100 persen Dapil," ujarnya.

Rencana pendaftaran Caleg ketiga partai yang berbarengan ini semakin menguatkan sinyal Gerindra, PKB, dan Golkar membentuk koalisi untuk menghadapi Pilpres 2024.

Seperti diketahui PKB dan Gerindra telah menggagas Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), sedangkan Golkar tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan PAN.
Bahkan PKB dan Golkar telah menyatakan siap menjadi motor koalisi inti untuk membentuk koalisi besar menyatukan KIB dan KKIR.

Sebelumnya utusan Partai Golkar yang diwakili Nusron Wahid dan PKB oleh Faisol Reza bertemu membahas soal pembentukan koalisi besar pada Kamis (10/5) lalu.

Usai pertemuan itu, Nusron mengaku Partai Golkar menyodorkan proposal agar Ketumnya, Airlangga Hartarto yang menjadi pendamping Prabowo sebagai Cawapres. "Salah satu proposal adalah Prabowo presiden, dan wakil presidennya dari KIB yaitu Airlangga Hartarto," ujar Kepala Bappilu Presiden Partai Golkar Nusron Wahid di Jakarta Pusat, Rabu (10/5).

Tetapi PKB berharap agar Ketumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menjadi Cawapres Prabowo, sementara Airlangga jadi tim pemenangan Prabowo-Cak Imin.(Tim)





Nasional Sejumlah Partai Mulai Daftarkan  Calegnya  ke KPU, 3 Partai Wacanakan Pembentukan Koalisi Baru .
Iklan Utama 5