logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Ketua Umum APPSINDO, Drs H. Hasan Basri SH.MH : Pasar Bisa Menjadi Mesin Politik Yang Efektif

Ketua Umum APPSINDO, Drs H. Hasan Basri SH.MH :  Pasar Bisa Menjadi Mesin Politik Yang Efektif
Jajaran pengurus APPSINDO (rep)
Jakarta, Pro Legal News- Pasar adalah tempat pertemuan untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli berbagai komoditas. Sehingga pasar selain sebagai pusat interaksi ekonomi juga merupakan pusat interaksi sosial masyarakat untuk menjalin silaturahmi. Karena mayoritas antara penjual dan pembeli yang sudah menjadi pelanggan terjalin hubungan emosional yang paling dekat.

Berangkat dari realitas itulah menurut penggagas sekaligus pendiri serta Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSINDO), Drs H Hasan Basri, pasar bisa menjadi mesin politik yang efektif. Tanpa terkecuali dalam ajang pemilihan gubernur (Pilgub) di DKI Jakarta. Dengan jumlah pasar di DKI Jakarta sebanyak 155, pasar bisa menjadi sarana yang sangat efektif untuk mendekatkan para calon pemimpin ke konstituen.
Bagi para pedagang, momen acara ketemu dalam calon pemimpin itu memiliki fungsi yang sangat strategis untuk menyampaiakan uneg-uneg tentang berbagai permasalahan yang terjadi di pasar seperti tentang sewa-menyewa kios, pembayaran singkin fund dan lain-lain yang sangat penting untuk menunjang kelancaran dalam proses berdagang. Karena pengelolaan pasar di wilayah DKI Jakarta itu menjadi kewenangan BUMD PD Pasar Jaya yang berada dibawah kendali Gubernur DKI Jakarta.

Pola relasi itulah yang menjadi hubungan antara para pedagang pasar dengan para calon pemimpin itu bersifat simbiose mutualisme (atau hubungan yang saling menguntungkan). Calon pemimpin bisa mendulang suara melalui para pedagang, sebaliknya para pedagang bisa menitipkan aspirasi kepada calon pemimpin dengan harapan aspirasi itu bias dilaksanakan apabila calon bersangkutan terpilih.

H Hasan Basri menuturkan jika dalam Pilgub DKI lalu, APPSINDO terbukti cukup efektif mengenalkan pasangan Anies-Sandi ke masyarakat, terbukti pasangan Anies-Sandi bisa mendulang suara yang signifikan. Sehingga pasangan ini bisa memenangkan Pilgub 2017 mengalahkan pasangan Ahok-Jarot. Apalagi APPSINDO ini memilki LBH APSSINDO yang berfungsi melakukan advokasi terhadap para pedagang yang tersangkut persoalan hukum.

Dengan advokasi yang dilakukan oleh lawyer yang profesional itu, para pedagang merasa terayomi dengan keberadaan APPSINDO yang memiliki jumlah anggota puluhan ribu pedagang yang tersebar di seluruh DKI Jakarta.(Tim)
Nasional Ketua Umum APPSINDO, Drs H. Hasan Basri SH.MH :  Pasar Bisa Menjadi Mesin Politik Yang Efektif
Iklan Utama 5