logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Jelas Habis Masa Jabatan Anies, Wagub DKI Jakarta Usulkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur ke DPRD

Jelas Habis Masa  Jabatan Anies, Wagub DKI Jakarta  Usulkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur ke DPRD
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (rep)
Jakarta, Pro Legal News- Menjelang habis masa jabatan Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyerahkan keputusan usulan nama Pj Gubernur kepada anggota DPRD. Menurut Riza anggota dewan akan segera menggelar rapat internal untuk membahas masalah ini. "Teman-teman DPRD akan rapat internal, akan mengusung tiga nama. Siapa kah itu? Kita akan serahkan pada teman-teman DPRD," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (1/9).

Menurut Riza mekanisme penunjukkan Pj Gubernur sudah diatur oleh Kementerian Dalam Negeri. Oleh sebab itu, Riza menghormati seluruh proses pembahasan mulai di tingkat DPRD hingga nanti ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. "Itu sudah diatur oleh ketentuan dari Kemendagri bahwa DPRD diberi kesempatan untuk mengusulkan tiga nama, sesuai dengan syarat-syarat, aturan yang ada. Kita hormati itu," ujarnya.
Seperti diketahui, sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan bahwa calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal berjumlah enam orang.

Menurutnya, enam nama calon itu akan diusulkan oleh dua pihak, yaitu tiga nama dari DPRD DKI Jakarta dan tiga nama dari Kemendagri. Tito berkata, pihaknya sudah mengirim surat ke DPRD DKI Jakarta agar segera menyampaikan tiga usulan nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta. “Itu yang kami sudah kerjakan, sekali lagi untuk DKI tahapnya kami sudah kirim surat kepada DPRD DKI, kemarin saya tandatangani, nanti dari Kemendagri akan melihat ada mungkin 3 nama, 3 nama (dari) DPRD, 3 nama (dari) Kemendagri," ujar Tito dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

Penyampaian nama-nama Pj gubernur DKI nantinya akan melewati tahap sidang kementerian/lembaga, termasuk KPK dan Polri. Menurutnya, Jokowi akan melakukan sidang tersendiri untuk menentukan Pj Gubernur.(Tim)



Nasional Jelas Habis Masa  Jabatan Anies, Wagub DKI Jakarta  Usulkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur ke DPRD
Iklan Utama 5