logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat Ditutup

Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat Ditutup
Jalan Merdeka Barat ditutup sementara oleh polisi (rep)
Jakarta, Pro Legal- Seiring terjadi proses persidangan gugatan Pilpres 2024, Polisi melakukan penutupan jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Jumat (19/4) ini sebagai antisipasi kemungkinan aksi demonstrasi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti dilansir dari akun X (Twitter) TMC Polda Metro Jaya, kepolisian menutup jalan Medan Merdeka Barat dari arah Patung Kuda (Patung Arjuna Wiwaha), dan melakukan rekayasa lalu lintas.
Jalanan di sekitar bundaran Patung Kuda Monas yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat Gambir Jakarta Pusat ini sudah tampak dijaga oleh anggota kepolisian sejak pukul 10.51 WIB. "Kegiatan pengalihan sementara dan penjagaan di sekitaran Bundaran Patung Kuda Monas oleh petugas #Polri dalam rangka pengamanan dan antisipasi aksi penyampaian pendapat oleh elemen masyarakat di depan MK RI Jl. Medan Merdeka Barat Gambir Jakpus," demikian informasi yang ditulis pada akun polisi tersebut.

Sementara, sebelumnya Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan 2.713 personel gabungan akan disebar di sejumlah titik di sekitar Monumen Nasional dalam rangka pengamanan kemungkinan aksi pada hari ini. "Kami siap mengamankan warga yang menyampaikan pendapat dan menerjunkan 2.713 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub," ujarnya, Jumat.

Susatyo mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan buntut adanya aksi tersebut. Kendati demikian, ia menyebut rekayasa bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. "Sementara itu untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Apabila para pengunjuk rasa mulai berdatangan maka jalur yang akan kita tutup dan kita alihkan," ujarnya.

Berikut skema pengalihan arus lalu lintas yang telah disiapkan pihak kepolisian:

- TL. Harmoni yang mengarah ke Jl. Merdeka Barat ditutup dialihkan ke Jl. Kesehatan.

- Jl. Perwira yang mengarah Jl. Merdeka Utara kita tutup, jalur dialirkan kearah Istiqlal dan lapangan Banteng.

- TL. Thamrin kita tutup dialihkan ke Jl. Kebun Sirih yang mengarah ke Senen dan Jl. Abdul Muis.(Tim)



Nasional Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat Ditutup
Iklan Utama 5