logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Intensitas Bencana Alam Diprediksi Akan Meningkat Selama 3 Bulan ke Depan

Intensitas Bencana Alam Diprediksi Akan Meningkat Selama 3 Bulan ke Depan
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (rep)
Jakarta, Pro Legal- Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy diperkirakan intensitas bencana di Indonesia akan makin meningkat di tiga bulan ke depan. "Karena tiga bulan ke depan intensitas bencana akan diperkirakan semakin meningkat," ujar Muhadjir dalam pidatonya di Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometerologi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (9/11).

Menko PMK Muhadjir mengatakan prediksi itu tak lepas dari potensi curah hujan di Indonesia akan mencapai puncaknya pada Desember 2022 hingga Januari 2023. Karena itu, Ia meminta semua elemen siaga menghadapi potensi bencana hidrometerologi yang bisa datang tiba-tiba. "Itu jadi dasar pertimbangan kenapa kita siapkan apel hadapi bencana hidrometerologi," ujarnya.

Muhadjir menjelaskan berdasarkan data BMKG curah hujan di Indonesia secara umum masuk pada kategori menengah hingga tinggi.

Sementara berdasarkan data BNPB pada Oktober 2022 lalu, menurut Muhadjir tercatat frekuensi bencana di Indonesia 70 kali per pekan. Bencana hidrometerologi seperti banjir, cuaca ekstrem dan longsor telah merenggut korban tertinggi sebanyak 50 orang. "Bencana adalah urusan bersama. Penanggulangan bencana bukan tugas pemerintah semata, tapi butuh dukungan berbagai pihak," ujarnya.

Maka, Muhadjir berpesan agar jajaran BNPB terus membangun kapasitas dan kapabilitas dalam tangani bencana. Ia juga meminta untuk mengedepankan pencegahan dengan pemantauan juga selalu siap dibutuhkan sewaktu-waktu. "Kejadian bencana saat ini spektrumnya luas dan berhimpitan dengan faktor ekonomi, sehingga perlu pendekatan berbasis kesejahteraan," ujarnya.(Tim)




Nasional Intensitas Bencana Alam Diprediksi Akan Meningkat Selama 3 Bulan ke Depan
Iklan Utama 5