logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Hari Ini, Laksamana Yudo Margono Jalani Uji Kelayakan Untuk Jadi Panglima TNI

Hari Ini, Laksamana Yudo Margono Jalani Uji Kelayakan Untuk Jadi Panglima TNI
Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono (rep)
Jakarta, Pro Legal – Berdasarkan jadwal, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR pada hari ini, Jumat (2/12).

Fit and proper test harus dijalani setelah Yudo dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang pensiun pada Desember ini. "Komisi I akan menggelar fit and proper test calon panglima esok," ujar Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, Kamis (1/12).

Pelaksanaan fit and proper test direncanakan akan berlangsung selama sehari penuh. Proses akan dimulai sejak pagi dengan verifikasi persyaratan.

Selanjutnya, Yudo akan memaparkan visi misinya di Komisi I secara terbuka pada siang hariny. Penyampaian ini bisa tertutup jika ada hal strategis yang harus dirahasiakan. "Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah rapat fit and proper test selesai," kata Meutya.

Yudo sendiri mengaku sudah siap menjalani fit and proper test. Ia mengatakan telah menyiapkan bahan untuk dipaparkan di Komisi I. "Kita siapkan bahan-bahan yang besok akan dipertanyakan oleh Komisi I," ujar Yudo di Jakarta Utara, Kamis.

Di sisi lain, ia mengaku akan meneruskan kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa usai resmi menjadi panglima.Ia mengatakan sebelumnya telah bertemu dengan Andika dan menerima masukan. "Tentunya pasti akan ada masukan-masukan lah dari beliau. Tentunya harus meneruskan apa-apa yang kebijakan beliau, karena kan pasti tahun 2023 ini kan sudah direncanakan di tahun 2022. Tinggal melaksanakan," ujar Yudo. (Tim).

Nasional Hari Ini, Laksamana Yudo Margono Jalani Uji Kelayakan Untuk Jadi Panglima TNI
Iklan Utama 5