logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Ganjar Dinilai Kurang Berpihak Kepada Masyarakat Wadas

Ganjar Dinilai Kurang Berpihak Kepada Masyarakat Wadas
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (rep)
Jakarta, Pro Legal News- Melalui keterangan tertulis, Direktur Eksekutif SETARA Institute Ismail Hasani mengkritik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang dianggap tidak berpihak pada warganya sendiri di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo.

SETARA menilai sikap Ganjar yang membela serbuan aparat kepolisian ke Wadas tersebut dianggap menihilkan situasi mencekam di lapangan dan perasaan cemas masyarakat. "Gubernur Jawa Tengah seharusnya tidak mengeluarkan pernyataan yang tidak berpihak kepada masyarakat Desa Wadas dan cenderung menihilkan pelbagai situasi dan kondisi di lapangan yang membuat masyarakat cemas dan takut," ujar Ismail, Selasa (9/2).

Menurut Ismail sikap Ganjar yang kurang berpihak itu terlihat dari sikap Ganjar yang sempat meminta warga tidak menyikapi serbuan aparat polisi secara berlebihan. Ganjar mengklaim semua akan berjalan aman dan kondusif.

Apalagi kehadiran Ganjar dalam festival HAM di Kota Semarang, November 2021 lalu, seharusnya memberikan dampak pada sikapnya dalam membela warga Wadas yang mempertahankan tanahnya. "Seharusnya berdampak pada sikapnya dalam membela dan memastikan masyarakat Desa Wadas aman dari segala potensi kekerasan dan pelanggaran HAM terhadap mereka," ujar Ismail.

Padahal menurut SETARA kondisi di lapangan yang terjadi justru memperlihatkan bahwa keberadaan aparat lah yang membuat situasi tidak kondusif tersebut. Hal ini berbanding terbalik dengan pernyataan Ganjar. "Terlebih melihat perlengkapan aparat yang tidak relevan untuk disebut mengawal pengukuran lahan," ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Ganjar membenarkan bila ada kegiatan pengukuran yang dilakukan di Desa Wadas tersebut. Namun Ganjar membela aparat dengan mengatakan bahwa polisi yang datang tak lepas dari menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). "Iya ada pengukuran, hanya pengukuran saja kok, tidak perlu ditakuti, tidak akan ada kekerasan," ujar Ganjar.

Dalam perkembangan selanjutnya, aparat kepolisian mendatangi Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (8/2) pagi, untuk mengawal tim pengukur lahan penambangan batuan andesit. Mereka dikabarkan menangkap warga yang dituding melakukan provokasi hingga mencopot sepanduk penolakan proyek bendungan.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga, jumlah warga yang ditangkap aparat kepolisian sampai saat ini sekitar 60 orang. Beberapa di antaranya merupakan anak-anak dan orang lanjut usia (lansia).(Tim)



Nasional Ganjar Dinilai Kurang Berpihak Kepada Masyarakat Wadas
Iklan Utama 5