logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

BNPB Catat Telah Terjadi 3.207 Bencana di Indonesia, Terbanyak Kasus Banjir Hingga Longsor

 BNPB Catat  Telah  Terjadi 3.207 Bencana di Indonesia, Terbanyak Kasus Banjir Hingga Longsor
Ilustrasi, saat terjadi banjir bandang di Kabupaten Bandung (rep)
Jakarta, Pro Legal- Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, hingga November 2022, Indonesia dilanda sekitar 3.207 bencana alam.

Sesuai data dari BNPB tercatat 95 persen merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir hingga tanah longsor. "Sampai dengan November 2022, bencana yang terjadi di Indonesia ini sekitar 3.207 kali. Dan itu sekitar 94-95 persen didominasi bencana hidrometeorologi basah," ujar Suharyanto usai mengikuti Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometeorologi di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (9/11).

Suharyanto menuturkan, saat ini banjir terjadi hampir di seluruh Indonesia. Ia mencontohkan, beberapa waktu terakhir banjir terjadi di hampir seluruh wilayah Pulau Sumatera.

Menurut dia, saat ini hanya wilayah-wilayah di kawasan Indonesia Timur yang relatif tidak banyak terjadi banjir. "Seluruh Pulau Sumatera sudah banjir. Di Aceh itu rata-rata semua kabupaten sudah banjir. Jawa semuanya, Kalbar, Kalteng juga banjir," ujarnya.

Maka Suharyanto berharap seluruh pemangku kepentingan mulai mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. BMKG sebelumnya memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi sepanjang November 2022 hingga Februari 2023.

Tetapi puncak musim hujan diprediksi baru akan terjadi pada Desember 2022 hingga Januari 2023. "Ini belum puncak, kepala BMKG sampaikan puncak hujan justru Desember-Januari. Mudah-mudahan dengan apel ini semua yang terkait dengan penanggulangan bencana baik tingkat daerah, pusat, sudah siap segala sesuatunya," ujarnya.

"Baik dari segi personel, peralatan, maupun piranti-piranti lunak. dan pada saat tahap tanggap darurat ini betul-betul bisa masuk ke sasaran secepat-cepatnya," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendyjuga memperkirakan intensitas bencana di Indonesia akan makin meningkat di tiga bulan ke depan.

"Karena tiga bulan ke depan intensitas bencana akan diperkirakan semakin meningkat," ujar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan prediksi itu tak lepas dari potensi curah hujan di Indonesia akan mencapai puncaknya pada Desember 2022 hingga Januari 2023. Karena itu, Ia meminta semua elemen siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi yang bisa datang tiba-tiba.(Tim)
Nasional  BNPB Catat  Telah  Terjadi 3.207 Bencana di Indonesia, Terbanyak Kasus Banjir Hingga Longsor
Iklan Utama 5