logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Bawa 18 Penumpang, Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Bawa 18 Penumpang, Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo
Kapal Wisata KM Lalongkoe tenggelam di Perairan Batu Tiga Labuan Bajo (rep)
Denpasar, Pro Legal – Sebuah kapal wisata bernama KM Lalongkoe tenggelam di Perairan Batu Tiga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (20/5).

Berdasarkan informasi kapal wisata tersebut tenggelam dalam perjalanan dari Pulau Komodo menuju Pelabuhan Labuan Bajo sekitar pukul 15.45 Wita. Kapal ini diterjang angin kencang dan gelombang tinggi pada jarak sekitar 18.8 Nautivcal Mile (mil laut) dari Pelabuhan Labuan Bajo.

Kapal tersebut membawa penumpang sebanyak 18 orang. Jumlah ini melebihi data manifest kapal yang hanya menuliskan 12 orang.
Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) Maumere Mexianus Bekabel seusai mengevakuasi seluruh penumpang KM Lalongkoe di Pelabuhan Labuan Bajo, Sabtu (20/5/2023) malam. Seluruh 18 penumpang tersebut dievakuasi tiga kali. "Evakuasi pertama enam orang, evakuasi kedua enam orang, dan ketiga enam orang juga. Jadi total 18 orang. Namun manifest 12 orang," ujar Mexianus.

Dalam data manifest KM Lalongkoe tertulis 12 orang tersebut terdiri dari delapan wisatawan dan empat kru kapal. Dari delapan wisatawan itu, tiga di antaranya wisatawan mancanegara (Wisman) dan lima wisatawan domestik. Namun, saat evakuasi terlihat ada enam Wisman.

Tetapi setelah dievakuasi terungkap ada enam wisman, lima wisatawan domestik, dan empat kru kapal.

Tim SAR juga mengevakuasi satu pemandu wisata (guide) dan dua siswa praktik kerja lapangan yang namanya tidak tercatat dalam pendataan penumpang.

Seluruh penumpang dievakuasi dengan selamat, meski sejumlah penumpang mengalami cedera. Enam penumpang dievakuasi ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan.(Tim)
Nasional Bawa 18 Penumpang, Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo
Iklan Utama 5