logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Terjadi Perubahan Perilaku Selama Masa Pandemi

Terjadi Perubahan Perilaku Selama Masa Pandemi
Jakarta, Prolegalnews - Pandemi Covid 19 saat ini mengubah perilaku kita secara total. Mau tidak mau, suka tidak suka demi kesehatan kita harus menjalani kehidupan normal baru alias 'New Normal' dengan mematuhi protokol kesehatan 3 M, menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. Kabar baiknya, tingkat kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan juga membaik.

Dalam survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kepatuhan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dengan memperhatikan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak meningkat,(2/10/2020).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, 92 persen dari 90.967 responden sudah memakai masker ketika mereka ke luar rumah. "Kita bisa melihat bahwa persentase masyarakat yang menggunakan masker itu adalah 92 persen. Ini menggembirakan, tapi kalau kita lihat kepatuhan masyarakat untuk cuci tangan itu masih 75 persen, demikian juga untuk menjaga jarak (75 persen)," ujarnya.

Secara umum sudah menggembirakan, tetapi pemerintah dinilai perlu memperhatikan penerapan untuk mencuci tangan maupun menjaga jarak karena harusnya posisi ideal 3 M berjalan secara paralel.

Menurut Suhariyanto, dibandingkan bulan April 2020 lalu maka persentase masyarakat yang menggunakan masker itu meningkat sekira 8 persen. Survei dilakukan pada 7 September sampai dengan 14 September 2020 secara daring dan jumlah masyarakat yang merespon adalah 90.967.

Suhariyanto menjelaskan, lebih dari 50 persen dari responden itu juga bersedia untuk disurvei kembali pada tahap berikutnya. Jumlah sampel sebesar 90.967 responden itu terdiri dari 55 persen wanita dan 45 persen laki-laki.

Sedangkan apabila disandingkan dengan rentang usia, maka kelompok masyarakat yang sudah berumur cenderung lebih patuh menjalankan protokol kesehatan.Tim
Nasional Terjadi Perubahan Perilaku Selama Masa Pandemi
Iklan Utama 5