logo
Tentang KamiKontak Kami

Pansel Nyatakan 3 Calon Sekda DKI Jakarta Telah Lolos Seleksi

Pansel Nyatakan 3 Calon Sekda DKI Jakarta Telah Lolos Seleksi
Gedung Balaikota DKI Jakarta (rep)
Jakarta, Pro Legal- Berdasarkan hasil uji, tiga orang telah dinyatakan lolos seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Mereka antara lain Joko Agus Setyono, Dhany Sukma, dan Michael Rolandi Cesnanta Brata.

Hasil itu diumumkan oleh Ketua Panitia Seleksi Terbuka Suhajar Diantoro melalui Pengumuman Nomor 4 tahun 2023 yang diunggah melalui laman Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI.

Seperti dikutip dari Antara, Senin (30/1), hasil seleksi dari panitia yang ditandatangani Suhajar Diantoro pada Jumat 27 Januari tersebut bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.

Pengumuman hasil akhir dari panitia seleksi itu lebih cepat dibandingkan jadwal yang tertera dalam Pengumuman Nomor 1 tahun 2023 yakni 2 Februari 2023.

Tiga nama tersebut lolos dalam hasil akhir panitia seleksi (Pansel) setelah menyisihkan tiga kandidat lainnya yang mengikuti tes terakhir yakni tes wawancara.

Mereka yang kandas yakni Kepala Inspektorat DKI Syaifullah Hidayat, Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Benni Aguscandra.

Panitia seleksi selanjutnya akan menyampaikan hasil penilaian akhir seleksi itu kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yakni Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

PPK nantinya menyerahkan tiga nama calon yang telah lolos tiga besar seleksi itu kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pada Pasal 114 ayat (5) Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan Presiden memilih satu dari tiga nama calon untuk ditetapkan sebagai pejabat pimpinan tinggi madya.

Tiga nama yang lolos seleksi itu adalah :

1. Dhany Sukma

Nama ini merupakan Wali Kota Jakarta Pusat saat ini. Dhany pernah menjabat Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta hingga Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretaris Daerah DKI Jakarta.

2. Michael Rolandi

Saat ini Michael menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta. Ia pernah menjabat Wakil Kepala BPKD DKI Jakarta.

3. Joko Agus Setyono

Agus saat ini menjabat sebagai Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali. Ia pernah menjabat Kepala Seksi Seksi I.C.3.2 Auditorat Utama Keuangan Negara I hingga Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan.

Seperti diketahui, sebelumnya jabatan Sekda DKI diisi oleh Marullah Matali. Namun, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencopot dan melantik Marullah menjadi Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata.

Posisi Marullah kini diisi oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto yang ditunjuk menjadi Pj Sekda DKI Jakarta.(Tim)

DKI Jakarta Pansel Nyatakan 3 Calon Sekda DKI Jakarta Telah Lolos Seleksi