logo
Tentang KamiKontak Kami

Akhirnya Cinta Mega Dicopot Dari DPRD DKI Jakarta

Akhirnya Cinta Mega Dicopot Dari DPRD DKI Jakarta
Politisi PDIP Cinta Mega (rep)
Jakarta, Pro Legal - Setelah sempat menimbulkan polemik akhirnya DPD PDI-Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta mencopot Cinta Mega dari jabatan anggota DPRD DKI hingga mengusulkan kepada DPP PDIP agar memecatnya dari partai buntut bermain gim saat rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Sebelumnya video Cinta Mega dengan gawai di mejanya, di mana layarnya tengah membuka aplikasi diduga gim, viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun instagram @warungjurnalis. "Anggota DPRD DKI Diduga Main Game Saat Rapat," demikian keterangan dalam video itu.

Menyikapi itu Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan gawai yang digunakan Cinta Mega merupakan aset DPRD DKI, sehingga tak bisa disita oleh fraksi meski hanya untuk membuktikan gim yang dimainkan Cinta saat rapat paripurna.

Gembong mengatakan fraksinya telah memberi peringatan keras kepada Cinta. Menurutnya, tindakan yang dilakukan oleh Cinta itu tidak semestinya dilakukan di ruang rapat paripurna.
Berdasarkan klarifikasi yang dilakukan terhadap Cinta pada Kamis (20/7), menurut Gembong, Cinta mengaku bermain gim karena jenuh menunggu waktu rapat paripurna yang molor.

Selain itu, lanjut Gembong, Cinta membantah bermain gim judi slot dan mengaku sudah tidak bermain gim ketika rapat dimulai.
Cinta lantas menyampaikan permintaan maaf lantaran kedapatan bermain gim saat rapat paripurna tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) tahun anggaran 2022.

Cinta juga mengaku siap menerima sanksi apapun apapun dari Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta terkait tindakannya. "Ya saya meminta maaf kepada semua pihak terutama fraksi saya atas kejadian tersebut," ujarnya, Jumat (21/7).

Bahkan DPD PDIP DKI Jakarta juga memecat Cinta dari jabatan anggota DPRD DKI. Keputusan terkait sanksi pergantian antarwaktu (PAW) itu diambil melalui rapat pleno yang digelar DPD PDIP DKI Jakarta pada Selasa (25/7) malam. "Tadi kita rapat pleno karena segala sesuatu keputusan kita biasa melalui rapat pleno ini. Selesai rapat pleno kita memberikan sanksi berupa PAW," ujar Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Ady Wijaya.

Selain pemecatan dari DPRD, DPD PDIP DKI Jakarta juga merekomendasikan kepada DPP PDIP agar Cinta dipecat dari partai. Menurut Ady, pemeriksaan terhadap gawai yang digunakan Cinta untuk bermain gim tak perlu dilakukan lantaran pihaknya telah memecat Cinta. "Tidak perlu (ditelusuri lagi gimnya). Kita udah pecat kok. Cukup kan?" ujarnya.

Kendati demikian, DPP PDIP yang akan memutuskan terkait status keanggotaan Cinta di dalam partai banteng. "Nanti biar DPP partai yang memutuskan," ujar Ady.

Ady belum membeberkan sosok pengganti Cinta di DPRD DKI. Ia memastikan Cinta tak akan maju lagi sebagai calon legislatif pada Pemilu 2024.

Ady pun menyampaikan permohonan maaf atas tindakan yang dilakukan Cinta dalam rapat paripurna. Ia menilai apapun yang dimainkan Cinta dalam rapat telah menyalahi aturan. "Saya minta maaf atas kelakuan anggota saya yang bernama Cinta Mega. Main apapun sudah salah di sana ya. Jadi enggak ada urusan mengenai slot kek, gim kek, salah aja, titik itu. Saya mohon maaf," ujar Ady.(Tim)

DKI Jakarta Akhirnya Cinta Mega Dicopot Dari DPRD DKI Jakarta