logo
Tentang KamiKontak Kami

Samsat Jakpus Terus Tingkatkan Pelayanan Terbaik Wajib Pajak

Samsat Jakpus Terus Tingkatkan Pelayanan Terbaik Wajib Pajak
Jakarta, Pro Legal News - Samsat Pusat terus melakukan pembenahan dalam pelayanan kepada wajib pajak. Ke depan terus memberikan pelayanan yang lebih baik demi meningkatkan mutu pelayanan kepada wajib pajak.

Pembenahan eksternal hingga internal pun tak luput menjadi perhatian Kanit Samsat Jakarta Pusat AKP Riko Fermi Rembata S.H., S.IK., yang baru menduduki jabatan ini. Salah satunya melakukan pembenahan terhadap anggotanya dalam melayani wajib pajak.

Setiap petugas pelayanan Samsat diwajibkan selalu melakukan 3S (senyum, salam, sapa) kepada masyarakat. Hal itu sangatlah penting agar tercipta kesejukan dan bersahabat dalam melayani.

Seperti diketahui, selama ini Samsat Jakarta Pusat termasuk samsat yang sukses dalam  melayani wajib pajak seperti pelayanan STNK online, pengoperasian STNK keliling, pelayanan Door to Door.  Mobil pelayanan keliling merupakan upaya inovasi yang sinergi untuk tujuan pelayanan yang professional dan akuntabilitas.

Pembenah eksternal antara lain calo yang setiap hari berkeliaran kini tidak lagi tampak batang hidungnya. Bahkan para pengantar wajib pajak tidak diperkenankan untuk masuk, tetapi pengantar diberi tempat di lobby bawah lantai satu.

Wajib pajak yang akan mengurus dokumen kendaraannya terlihat lebih nyaman sembari menunggu penyelesaian proses dokumen di loket loket yang telah disediakan. "Meskipun di luar terik panas, namun di dalam ruangan sangat sejuk dan nyaman, tinggal menunggu dokumen perpanjangan STNK mobil saya,” kata wajib pajak Wahyu warga Kebon Sirih Jakarta Pusat, Senin (22/07).

Berbeda halnya dengan Sandi, berharap dan menghimbau kepada masyarakat Jakarta Pusat, setiap pengurusan sebaiknya dilakukan sendiri. Tiidak menggunakan jasa calo karena sudah diberikan kemudahan berupa informasi oleh petugas.

Apabila dalam melakukan pengurusan mengalami kendala petugas pelayanan Samsat akan membantu sesuai dengan kapasitasnya.

Pantauan prolegalnews.co.id di Samsat Pusat pada Selasa (23/7) tidak terlihat antrian panjang pemohon yang berdiri di depan loket untuk mengurus dokumen kendaraan. Wajib pajak tampak duduk santai menanti di sebuah ruangan yang sudah disediakan di depan loket.

Selain itu ruangan  pun ber AC. Cerminan ini bukanlah isapan jempol belaka, pemadangan ini sudah berlangsung setiap hari.

Seperti diketahui, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (disingkat Samsat), atau dalam bahasa Inggris One Roof System. Ini suatu sistem  administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung. Contohnya dalam hal pengurusan dokumen kendaraan bermotor.

Samsat merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara.

Pemasukan itu baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendanraanan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) yang dilaksanakan pada satu kantor yang dinamakan “Kantor Bersama Samsat”.

Dalam hal inilah, Polri memiliki fungsi penerbitan STNK, Dinas Pendapatan Provinsi menetapkan besarnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Sedangkan PT Jasa Raharja mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Untuk wajib pajak yang melaksanakan ibadah di Masjid Al Akhyar, serta beribadah puasa (Senin Kamis) Kanit Samsat Pusat menyediakan cuma-cuma makan minum untuk berbuka.

“Luar biasa, saya merasa bangga dan terharu pak, karena masih ada perhatian kepada umat yang sedang melaksanakan ibadah puasa,” pungkas salah seorang wajib pajak. Rico
DKI Jakarta Samsat Jakpus Terus Tingkatkan Pelayanan Terbaik Wajib Pajak