logo
Tentang KamiKontak Kami

Polri Telah Memetakan Dugaan Ada Keterlibat Pihak Asing di Papua

Polri Telah Memetakan Dugaan Ada Keterlibat Pihak Asing di Papua
Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal
Jakarta, Pro Legal News - Pihak kepolisian telah memetakan terkait dugaan keterlibatan pihak asing dalam serangkaian kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Kondisi di wilayah Papua dan Papua Barat yang dilanda kerusuhan kini sudah kondusif.

Polri sedang dalami pihak luar diduga ikut memanas-manasi warga untuk bertindak anarkis. "Ada agenda setting-lah. Padahal lebih banyak masyarakat Papua dan saudara kita yang sangat damai dan sangat enjoy Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Senin (2/9).

Kepolisian melakukan pemetaan pihak asing yang diduga ikut 'campur tangan' dalam kerusuhan itu dilakukan bersama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Dijelaskan Irjen Iqbal, terkait apa yang disampaikan Kapolri tentang ada dugaan pihak-pihak luar dalam arti kata bukan negara Indonesia yang memprovokasi. Ada pihak  yang mencoba untuk meng-amplify suatu keadaan, yang tadinya tidak begitu mengkhawatirkan menjadi sangat mengkhawatirkan sehingga akan dibahas di forum PPB.

"Polri memetakan itu, kita sedang bekerja dengan kementerian dan lembaga terkait," kata Iqbal.

Terkait kondisi Papua-Papua Barat, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Senin (2/9) sore berangkat ke Papua. Sejumlah pejabat Polri-TNI ikut dalam rombongan.

Kapolri dan Pabglima TNI akan memastikan kondisi keamanan Papua dan Papua Barat pasca rusuh di sejumlah wilayah. Tim
Papua Polri Telah Memetakan Dugaan Ada Keterlibat Pihak Asing di Papua