logo
Tentang KamiKontak Kami

Pinjam Sepeda dan Otopet Gratis di Jalan Sudirman - Thamrin

Pinjam Sepeda dan Otopet Gratis di Jalan Sudirman - Thamrin
Lokasi Peminjaman sepeda dan otopet gratis di Jalan Jend Sudirman dan Thamrin, Jakarta yang disediakanPemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Gowes selaku operator bike sharing di kawasan Monas pada 27 Juli 2018.
Jakarta, Pro Legal News - Untuk mempermudah transportasi sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin kini tetdapat moda transportasi publik seperti Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dan Transjakarta saja, kini di kawasan itu sudah disediakan puluhan sepeda dan otopet. Dua jenis alat transportasi ini bisa digunakan warga secara gratis.

Bagi siapa saja berniat untuk pinjam tinggal mengunduh aplikasi Gowes saja. Menurut petugas bagian lapangan Gowes, Waldi kini sudah ada enam titik peminjaman sepeda dan otopet gratis di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Lokasi tempat peminjaman itu ada di depan gedung Sinar Mas, Stasiun Bundaran HI depan Plaza Indonesia, samping kedutaan besar Jepang, dan Hotel Pullman. "Semua sepeda dan otopet ditaruh di atas trotoar,” kata Waldi, Senin (24/6).

Bagi warga yang ingin naik sepeda atau otopet tinggal menggunakan aplikasi Gowes untuk membuka kunci sepeda dan otopet melalui pemindaian barcode.

Untuk sementara ini rutebya sekitar Jalan Jend Sudirman dan Thamrin saja. "Nanti akan ditambah lagi rutenya,  kita lihat dulu animo masyarakat,” ujarnya.

Kini telah disediakan 60 unit sepeda dan 50 unit otopet. Di masing-masing titik disediakan lima sampai 10 otopet dan sepeda.

Saat menggunakan otopet dan sepeda, pengguna diberikan waktu 120 menit saja. Dengan jam operasional dari pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Namun sekarang aplikasi Gowes belum mengakomodasi pengembalian sepeda atau otopet di titik lokasi berbeda. Warga yang menggunakan alat transportasi itu harus mengembalikan di titik dimana dia mengambilnya.

Ke depan rencabanya akan diterapkan sistem seperti itu. Pengguna sepeda dan otopet akan bisa mengembalikan ke titik yang lain. Jadi tidak harus balik ke lokasi yang sama.

Peminjaman sepeda dan otopet gratis ini sudah diterapkan satu hari sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta. Dan memang, fasilitas ini disediakan sebagai kado ulang tahun Kota Jakarta.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan layanan bike sharing yang bekerja sama dengan Gowes selaku operator bike sharing di kawasan Monas pada 27 Juli 2018.

Dengan layanan tersebut, pihak Gowes menyediakan 100 sepeda yang bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung Monas untuk berkeliling kawasan Monas. Tim
DKI Jakarta Pinjam Sepeda dan Otopet Gratis di Jalan Sudirman - Thamrin