logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

42 Kasus Cacar Monyet Telah Ditemukan di DKI Jakarta

42 Kasus Cacar Monyet  Telah Ditemukan di DKI Jakarta
Gejala penyakit cacar monyet (rep)
Jakarta, Pro Legal- Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta ditemukan total kasus cacar monyet atau monkeypox di Jakarta kini mencapai 42 orang sejak pertama kali ditemukan pada Agustus 2022.

Menurut Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama, satu kasus yang ditemukan pada 2022 lalu telah sembuh. "Kasus positif hanya tahun 2023 adalah 41 orang, positivity rate PCR 24 persen," ujar Ngabila dalam keterangannya, Rabu (22/11).

Ngabila menjelaskan semua pasien adalah laki-laki dengan rentang usia 25 sampai 50 tahun. Mereka bergejala ringan dan tertular melalui kontak seksual. Sebanyak 24 pasien telah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi di rumah sakit.

Dia mengatakan sejauh ini terdapat dua orang yang diduga bergejala cacar monyet. Sementara 132 orang lain yang sempat masuk kategori suspek telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR.

Vaksinasi dosis satu cacar monyet telah diberikan kepada 495 orang. Sedangkan dosis dua baru diterima 13 orang. "Peserta vaksin adalah kelompok populasi berisiko yaitu kontak erat kasus positif monkey pox dan populasi kunci tertentu yang berisiko," ujarnya.(Tim)
DKI Jakarta 42 Kasus Cacar Monyet  Telah Ditemukan di DKI Jakarta
Iklan Utama 5