logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Polisi Akan Usut Laporan Baim Wong Tentang Penipuan Berkedok Giveaway

Polisi Akan  Usut Laporan Baim Wong  Tentang Penipuan Berkedok Giveaway
Artis dan youtuber, Baim Wong (rep)
Jakarta, Pro Legal - Polda Metro Jaya akan menyelidiki laporan soal dugaan penipuan bermodus giveaway yang dilaporkan oleh selebritas Baim Wong. "Ya Polda Metro Jaya sudah menerima laporan tersebut," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo saat dihubungi, Rabu (18/1).

Laporan Baim Wong itu saat ini sedang didalami penyidik. Trunoyudo mengatakan bahwa semua laporan masyarakat yang diterima ke Polda Metro Jaya akan diusut, termasuk laporan Baim Wong. "Laporannya akan ditindaklanjuti," ucap Trunoyudo.

Seperti diketahui, Baim Wong melaporkan kasus dugaan penipuan bermodus giveaway yang mencatut namanya ke Polda Metro Jaya, Selasa (17/1).

Laporan ini teregister dengan nomor LP/B/300/V/2023/SPKT Polda Metro Jaya. Dalam surat tanda terima laporan, pelapor tertulis atas nama Muhamad Ibrahim dan terlapor tertulis dalam lidik.

Suami Paula itu melaporkan terkait pencemaran nama baik melalui media elektronik dan atau manipulasi data seolah-olah otentik sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) dan atau Pasal 35 juncto Pasal 51 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Baim menuturkan, penipuan dengan modus ini sudah berlangsung sejak tahun 2018 dan korbannya terbilang banyak. Bahkan, para korban ini juga telah mengadu langsung kepada Baim. "Terus yang akhirnya puncaknya warga asing yang ditipu sampai Rp140 juta malah, setelah itu banyak yang melapor ke saya DM segala macam dan akhirnya saya panggil satu-satu ke sini dan DM yang masuk itu sebanyak 100 lebih dengan bukti-bukti yang ada," ujar Baim kepada wartawan, Selasa (17/1).

Baim menyebut mulanya penipuan bermodus giveaway ini dilakukan oleh pelaku lewat WhatsApp hingga Facebook. Namun, sekarang penipuan juga dilakukan lewat TikTok.

Baim juga menyatakan dirinya tetap membuka pengaduan bagi para korban penipuan bermodus giveaway tersebut meski telah membuat laporan polisi."Kayaknya sih masih banyak banget dan kita akan kumpulin mudah-mudahan ketangkap semuanya saya lewat DM buka pengaduannya," ujarnya.(Tim)
Kriminal Polisi Akan  Usut Laporan Baim Wong  Tentang Penipuan Berkedok Giveaway
Iklan Utama 5