logo
Tentang KamiKontak Kami

Jokowi: Biar Dikritik, Saya Tidak Pernah Membenci Insan Pers

Jokowi: Biar Dikritik, Saya Tidak Pernah Membenci Insan Pers
Banjarmasin, Pro Legal News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di halaman Pemprov Kalimantan Selatan, Kota Banjar Baru, Kalsel, Sabtu (8/2). Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala daerah juga meresmikan Hutan Pers Taman Spesies Endemik yang ditandai penanaman pohon.

Jokowi mengaku selalu berusaha menghadiri hajatan rutin tahunan insan pers.“Selama jadi presiden sekali saya tidak hadir di HPN , tapi saya kapok, sekarang saya usahakan hadir. Saya mau ke Canberra, Australia, tapi saya belokan ke sini dulu. Sebab, insan pers sahabat saya,” kata Jokowi.

Mantan Gubernuf DKI Jakarta itu menjelaskan alasan dirinya kapok absen di acara HPN. Sebab, insan pers selalu menemani kemanapun dirinya pergi. Bahkan, para menteri belum tentu selalu mengikuti kemana dirinya pergi.

Meski pers tetap kritis terhadap dirinya, namun dia mengaku tidak pernah membenci pers.

“Bagi saya insan pers bukan benci, tapi rindu dan selalu di hati, selalu rindu. Selama lima tahun pertama menjabat hingga kini, pers tetap mengkritik, baik kritik yang pedas, kurang pedas dan biasa saja. Termasuk saat memberitakan Pemilu 2019. Tahun ini akan ada Pilkada di 270 daerah, saya berharap dukungan pers lebih maksimal,” tuturnya.

Jokowi berharap pers menjadi garda terdepan untuk bisa menyampaikan informasi yang benar. Terlebih, di tengah merebaknya wabah virus corona agar masyarakat tidak semakin panik karena informasi yang salah.

Menurut Jokowi, dalam era digital saat ini, posisi pers mengalami ancaman. Ia mengaku sudah berbicara dengan para pemimpin redaksi media massa untuk menyiapkan draft regulasi yang bisa melindungi dan memproteksi dunia pers.

“Jangan sampai dikuasai platform digital dari luar. Tidak ada aturan, tidak bayar pajak, ambil iklan yang merugikan industri pers Indonesia,” tegasnya.

Masih di tempat yang sama, Ketum PWI Pusat, Atal S. Depari bersyukur di tengah padatnya agenda, Presiden Jokowi menyempatkan diri menghadiri acara keluarga besar wartawan Indonesia.

Atal menjelaskan, Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan, Gerbang Ibu Kota Negara” yang menjadi tagline HPN 2020 merupakan komitmen insan pers mendorong pembangunan di berbagai daerah, termasuk Kalsel

Pers Indonesia adalah pers milik rakyat. Sehingga menjadi komitmen pers untuk berpihak pada kepentingan rakyat,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri pimpinan media massa dan organisasi pers. Juga tampak Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Puan Maharani, serta 20 duta besar negara sahabat.Tim
Nasional Jokowi: Biar Dikritik, Saya Tidak Pernah Membenci Insan Pers