logo
Tentang KamiKontak Kami

Dirjen Imigrasi Ronny Sompie Dicopot Mendadak

Dirjen Imigrasi Ronny Sompie Dicopot Mendadak
Ronny Sompie
Jakarta, Pro Legal News - Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly secara  mendadak mecopot Ronny Sompie dari jabatan sebagai Dirjen Imigrasi. Pencopotan Ronny sebagai orang nomor satu dijajaran Imigrasi diduga buntut kekeliruan data informasi terkait kembalinya DPO KPK Harun Masiku ke Tanah Air.

Untuk sementara, posisi Dirjen Imigrasi digantikan oleh Irjen Kemenkum HAM. Penunjukan Pelaksana Harian (Plh) itu dilakukan pada Selasa (28/1) siang.

Untuk sementara, Sompie akan digantikan oleh Irjen Kemenkum HAM. Penunjukan Pelaksana Harian (Plh) itu dilakukan siang tadi. "Irjen. Ya per hari ini. Tadi pagi. Hari ini. Siang. Tadi siang sesudah jam 12," kata Yasonna, Selasa (28/1). 

Selain Ronny Sompie, Menkumham Yasonna juga mencopot Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian juga difungsionalkan. "Dan Sistiknya Keimigrasian juga. Karena sangat menentukan itu mengapa sistem tidak berjalan dengan baik. Mereka bertanggung jawab soal itu," kata Yasonna.

Alasan Yasonna atas pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny, agar tidak terjadi konflik kepentingan sehingga tim independen yang dibentuknya bisa berjalan dengan baik. Sebab, menurutnya, ada kejanggalan terkait kasus tersebut. "Ssaya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay," ujarnya.Tim
Nasional Dirjen Imigrasi Ronny Sompie Dicopot Mendadak