logo
Tentang KamiKontak Kami

Ketua KNPB Ditangkap Diduga Dalang Kerusuhan Jayapura

Ketua KNPB Ditangkap Diduga Dalang Kerusuhan Jayapura
Agus ditangkap tim gabungan pada Selada (17/9) sore di kawasan Hawaii, Sentani.
Papua, Pro Legal News - Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Agus Kossay, ditangkap tim gabungan Polda Papua di kawasan Sentani bersama seorang anak buahnya. Agus yang berstatus DPO diduga sebagai dalang di balik aksi kerusuhan dan pembakaran gedung di Jayapura pada 29 Agustus 2019 disergap ketika sedang berboncengan sepeda motor.

Kepolisian sebelumnya telah menetapkan Ketua KNPB itu sebagai tersangka kasus kerusuhan itu. Agus ditangkap tim gabungan pada Selada (17/9) sore di kawasan Hawaii, Sentani.

Hal itu dikatakan Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja, Rabu (18/9).

Tersangka disergap ketia dia sedang mengendarai sepeda motor berboncengan dengan rekannya, Dony Itlay, di Jalan Raya Sentani - Abepura di Kabupaten Jayapura.

Bahkan motor yang mereka gunakan diketahui hasil curian. Selain meringkus Agus, polisi juga mengamankan Dony Itlay anggota KNPB. Hasil pemeriksaan diketahui Dony Itlay juga ikut terlibat aksi kerusuhan di Jayapura.

Dikatakan Kapolda Papua Irjen Rodja, pihaknya proses akan terus mengembangkan dan memburu pelaku kerusuhan di Jayapura meski Ketua KNPB sudah ditangkap.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan ada sejumlah organisasi berada di balik kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Dua di antaranya kata Jenderal Tito, yakni United Liberation Movement for West Papua ( ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat ( KNPB). Sultan
Kriminal Ketua KNPB Ditangkap Diduga Dalang Kerusuhan Jayapura