logo
Tentang KamiKontak Kami

Akibat Banjir Sejumlah Pemukiman Di Mamuju Terendam

Akibat Banjir Sejumlah Pemukiman Di Mamuju Terendam
Mamuju, Pro Legal News - Akibat hujan deras selama tiga hari, sejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), terendam banjir, "Banjir terus menghantui warga dalam tiga hari terakhir ini karena hujan terus turun sepanjang hari dan air banjir menggenangi permukiman warga," ujar Nirwansah, salah seorang warga di Kompleks BTN Ampi Kota Mamuju, Minggu (22/8).

Menurut Nirwansah, banjir telah beberapa kali merendam permukiman warga dengan ketinggian air hingga 60 sentimeter. Hujan deras turun di daerah tersebut sepekan ini. "Buruknya drainase di Mamuju membuat banjir terjadi, sehingga permukiman warga terendam, ini harus menjadi perhatian pemerintah untuk ditanggulangi," ujarnya.

Selain Kompleks BTN Ampi, banjir juga beberapa kali merendam permukiman warga di Kompleks Pemda Mamuju. Banjir pun turut mengganggu aktivitas warga setempat. "Banjir sudah seperti langganan dan mengganggu aktivitas warga, karena barang berharga miliknya dirusak banjir, seperti yang terjadi di sekitar perumahan kompleks Pemda Kota Mamuju," ujar Irfan, yang merupakan warga Komplek BTN.

Sehingga Irfan mengaku trauma karena banjir besar melanda Kota Mamuju pada 2017 lalu. Saat itu, sejumlah rumah hanyut dan ribuan rumah lainnya terendam. Seementara Bupati Mamuju Sutinah Suhardi sebelumnya telah meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mamuju membersihkan drainase yang tersumbat sampah.

Bupati mengatakan terdapat juga drainase yang rusak di Mamuju sehingga air hujan tidak mengalir dengan lancar dan mengakibatkan banjir merendam rumah warga. "Keterbatasan anggaran akibat penanganan Covid membuat perbaikan drainase harus ditunda dulu pemerintah, meskipun drainase banyak tersumbat dan rusak di Mamuju, yang mesti dilakukan perbaikan," ujar Sutinah.(Tim)
Sulawesi Akibat Banjir Sejumlah Pemukiman Di Mamuju Terendam