logo
Tentang KamiKontak Kami

KPK OTT 8 Orang Terkait Distribusi Pupuk, 1 Orang Anggota DPR RI

KPK OTT 8 Orang Terkait Distribusi Pupuk, 1 Orang Anggota DPR RI
Juru Bicara KPK Febri Diansyah
Jakarta, Pro Legal News - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan delapan orang terkait operasi tangkap tangan (OTT), Kamis (28/3/2019) dini hari.

OTT ini merupakan pengembangan dari salah satu direksi Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) di Jakarta terkait distribusi pupuk.

“Dini hari tadi, KPK mengamankan 1 orang anggota DPR RI. Saat ini sedang proses pemeriksaan lebih lanjut di gedung KPK,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis, Kamis (28/3).

KPK telah mengamankan tujuh orang di sejumlah titik di Jakarta, Rabu (27/3/2019) malam. Dengan ditangkapnya satu anggota DPR, artinya KPK telah mengamankan 8 orang dalam OTT kali ini.

“Dengan demikian, sampai pagi ini sekitar 8 orang diamankan dalam OTT di Jakarta sejak Rabu sore hingga Kamis dini hari,” kata Febri.

Dalam kasus ini, KPK menduga akan terjadi penyerahan sejumlah uang terkait distribusi pupuk.

“Transaksi ini atau dugaan penyerahan uang tersebut itu diindikasikan terkait dengan distribusi pupuk melalui kapal. Jadi kami menduga ada transaksi yang melibatkan sejumlah pihak terkait dengan distribusi pupuk yang menggunakan kapal,” jelas Febri.

“Yang pasti ada kebutuhan distribusi pupuk dari salah satu BUMN yang memproduksi dan mengelola pupuk menggunakan kapal pihak swasta diduga transaksi yang terkait dengan itu,” tambahnya.

KPK akan menentukan status dari pihak yang diamankan dalam waktu 1 x 24 jam. Tim
Tipikor KPK OTT 8 Orang Terkait Distribusi Pupuk, 1 Orang Anggota DPR RI