logo
Tentang KamiKontak Kami

Gubernur DKI Targetkan Banjir Surut Dalam 6 Jam

Gubernur DKI Targetkan Banjir Surut Dalam 6 Jam
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Jakarta, Prolegalnews - Dari tahun ke tahun wilayah DKI Jakarta menjadi langganan banjir. Meski telah banyak upaya dan program dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkeinginan banjir di DKI Jakarta surut maksimal dalam 6 jam.

Dinas SDA DKI Jakarta pun memastikan tahapan mewujudkan hal itu dengan pengerukan waduk hingga pembersihan drainase sudah dilakukan sejak bulan April."Untuk pengerukan Waduk sejak Bulan April Kita sudah melakukan pengerukan," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini,(6/11/2020).

Juaini mengungkap sejumlah waduk sedang dalam proses pengerukan yakni waduk Ria Rio, waduk dekat Kali Item, waduk Mangga Bolong Jagakarsa, hingga waduk Situ Babakan. Menurutnya proses ini akan dilakukan hingga bulan Desember mendatang.

Ini akan terus Kita lakukan sampai rencana bulan Desember, kali-kali dan waduk secara terus-menerus karena dengan datangnya hujan tentunya akan menambah juga sedimen-sedimen yang ada di lokasi itu," ujarnya.

Selain pengerukan, Juaini menyebut proses pembersihan saluran air di DKI Jakarta juga selalu dibersihkan oleh pihaknya. Dia meyakini langkah tersebut bisa mempercepat penyurutan air."Kita juga terus jaga kondisi saluran air, insyaAllah dengan pengerukan yang kita sudah lakukan bisa mempercepat genangan yang ada di jalan," ujarnya.

Seperti diketahui, Wilayah DKI Jakarta menjadi langganan banjir ketika memasuki musim hujan seperti saat sekarang ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin banjir yang menerjang Jakarta dapat surut dalam waktu kurang dari 6 jam.

Keinginan Anies ini menuai kritik dan apresiasi dari Anggota DPRD di Kebon Sirih. Lalu, Anies menjelaskan cara untuk menyurutkan air selama 6 jam tersebut. "Curah hujan tinggi, kita lakukan antisipasi dengan kerukan waduk-waduk itu intensif sekali. Anda bisa saksikan waduk-waduk Jakarta pengerukannya intensif sekali. Kemudian pembersihan semua saluran-saluran itu dilakukan. Ketiga, organisir kegiatan antar instansi pemerintah bila terjadi banjir," ujar Anies di Menara Rajawali,(6/11/2020).

Menurut Anies, kapasitas saluran air yang ada di Jakarta hanya dapat menyambung curah hujan sebanyak 100 mm per hari. Namun, pada awal tahun curah hujan biasanya meningkat menjadi 377 mm per hari.Tim
DKI Jakarta Gubernur DKI Targetkan Banjir Surut Dalam 6 Jam