logo
Tentang KamiKontak Kami

ITW: Pemerintah Tidak Konsisten Soal Pencegahan Penyebaran COVID-19

ITW: Pemerintah Tidak Konsisten Soal Pencegahan Penyebaran COVID-19
Jakarta, Pro Legal News - Indonesia Traffic Watch (ITW) menilai kebijakan pemerintah mengoperasikan angkutan umum dengan alasan apapun potensi meluluhlantakkan semangat perang melawan virus corona atau covid-19. Sebab, kebijakan itu ditengah tengah perjuangan keras seluruh elemen bangsa berupaya memutus rantai penyebaran dan penularan wabah virus corona.

Selain bukti pemerintah tidak fokus dan konsisten melakukan pecegahan penyebaran dan penularan virus corona atau covid-19. Sekaligus menghianati perjuangan sebagian besar masyarakat yang selama tiga bulan terakhir menghentikan aktivitasnya dan stay at home untuk menaati kebijakan dan imbauan pemerintah. 

ITW mengingatkan, seharusnya pemerintah mengapresiasi partisipasi dan dukungan masyarakat untuk mensukseskan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik. Tetapi sebaliknya,kenapa  pemerintah justru melonggarkan operasional transportasi angkutan umum. 

Seharusnya ditengah penerapan PSBB dan larangan mudik, pemerintah lebih memperketat pembatasan aktivitas. Agar upaya pemutusan rantai penyebaran dan penularan covid-19 lebih maksimal. 

Selain sangat mengecewakan publik, kebijakan pemerintah tersebut juga potensi memberikan peluang penyebaran dan penularan covid-19 semakin tidak terkendali. Sehingga PSBB dan larangan mudik serta upaya-upaya lainnya hanya akan menguras anggaran tanpa hasil yang sesuai harapan.

Kebijakan Pemerintah melonggarkan operasional transportasi angkutan umum dengan alasan untuk dukungan percepatan penanganan covid-19, sangat tidak rasional. Apalagi juga dapat digunakan oleh warga dengan hanya memenuhi persyaratan seperti surat keterangan atau surat tugas dinas. 

Apabila pemerintah serius dan focus menyelesaikan wabah virus covid-19, dukungan dapat dilakukan  dengan menggunakan kendaraan dinas atau transportasi khusus. Selain lebih tertib, juga tidak menimbulkan kericuhan antara aparat dilapangan dengan masyarakat.Tim
Nasional ITW: Pemerintah Tidak Konsisten Soal Pencegahan Penyebaran COVID-19