logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Pilih Kepala Daerah Yang Memiliki Wawasan Kebangsaan

Pilih Kepala Daerah Yang Memiliki Wawasan Kebangsaan
Drs Daniel Panda M
Jakarta, Prolegalnews - Proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 tinggal menghitung hari. Pasca pendaftaran pasangan calon (Paslon) di KPU maka kini setiap kandidat memasuki fase sosialisasi (kampanye) tentang visi-misi setiap kandidat apabila mereka terpilih dalam Pilkada nanti. Masa kampanye itu memiliki arti yang penting, agar masyarakat paham dengan kualitas masing-masing kandidat sehingga tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Menurut pengamat politik sekaligus mantan Dekan Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno, Drs Daniel Panda MH, diperlukan banyak referensi bagi masyarakat pemilih untuk menentukan pilihannya. Sehingga mereka memiliki gambaran yang utuh tentang kapabilitas, integritas sekaligus aksesbilitas para calon. Karena nasib mereka akan ditentukan oleh kualitas kepemimpinan para kandidat tersebut. Daniel berharap masyarakat memilih benar-benar berdasarkan hati nurani mereka dan bukan karena faktor lain, misalnya karena adanya praktek money politic yang saat ini menjadi fenomena yang jamak di berbagai tempat.

Pengamat politik ini juga berharap para pemilih akan memilih secara kualitatif terhadap para calon itu, terutama yang memiliki wawasan kebangsaan yang baik. Karena adanya kecenderungan para pemimpin saat ini hanya mementingkan kelompok pendukungnya semata. Hal itu terjadi karena adanya proses reformasi yang mengakibatkan adanya kebebasan politik yang justru membuat masyarakat terfragmentasi menjadi kelompok-kelompok atau Ormas-ormas. Dan kebebasan itu dijamin oleh konstitusi, tetapi bisa berdampak munculnya pemimpin-pemimpin yang cara berpikirnya sektarian.

Maka apabila para pemimpin itu memiliki wawasan kebangsaan yang baik, dia akan bisa mengayomi  seluruh masyarakatnya yang majemuk. Sehingga adnya pemimpin yang bijaksana itu akan bisa meredam potensi munculnya disintegrasi bangsa.(tim)
Politik Pilih Kepala Daerah Yang Memiliki Wawasan Kebangsaan
Iklan Utama 5