logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Amankan Natal Tahun Baru di Jatim, Polda Jatim Siapkan 8.889 Personil

Amankan Natal Tahun Baru di Jatim, Polda Jatim Siapkan 8.889 Personil
Brigjen Pol Slamet waka polda foto bersama
Surabaya, Prolegalnews - Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H, M.H dan pejabat utama Polda Jatim serta Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, saat di Gedung Mahameru Mapolda Jatim melakukan gelar rapat koordinasi Operasi Lilin Semeru 2020, Selasa 15 Desember 2020.

Giat gelar ini dihadiri juga pejabat utama Polda Jatim dan Kapolres serta jajaran, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sekaligus jajaran TNI yang mengikuti rapat koordinasi Ops Lilin Semeru tersebut. Saat itu Wakapolda Jatim dalam arahannya menuturkan, bahwa di tahun 2020 ini, kita dihadapkan dengan 2 kegiatan masyarakat. Pertama, yakni libur Natal serta pergantian malam tahun 2020 ke tahun 2021.

Maka ke dua kegiatan ini menjadi perhatian untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Karena nantinya masyarakat merayakan itu tidak terganggu dan diharapkan situasinya lancar, aman dan damai tanpa ada gangguan.” Kita akan dihadapkan dengan dua kegiatan masyarakat, yakni libur Natal dan malam tahun baru 2021. Sehingga dua kegiatan ini menjadi fokus kita semua, untuk menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif,” tutur Wakapolda Jatim, Selasa 15 Desember 2020.

Wakapolda menambahkan, bahwa saat ini masih dihadapkan dengan pandemi Covid19. Maka sebagai upaya menekan soal penyebaran Covid19 tersebut. Sehingga pemerintah berupaya untuk mengurangi cuti libur Natal dan tahun baru. Dengan kebijakan pemerintah itu, maka kita semua akan giatkan Operasi Yustisi serta sosialisasi kepada masyarakat. Oleh karena untuk stay at home atau merayakan tahun baru lebih baik di rumah saja.” Karena kondisi saat ini masih pandemi Covid19, sehingga pihak pemerintah mengurangi libur cuti Natal dan tahun baru. Sehingga menghimbau kepada masyarakat untuk giat merayakan pergantian tahun di rumah saja,” tambahnya.

Diharapkan agar waspada di saat cuti Natal dan tahun baru 2021 ini berpotensi adanya kerawanan dan perlu mewaspadai untuk antisipasi bersama-sama di saat perayaan Natal dan tahun baru 2021 dari aktifitas kelompok teroris masih terus mengancam kita. Selain itu aktifitas kelompok radikal juga menjadi fokus kita bersama.

Disamping itu kerawanan lain di awal tahun Januari 2021, adalah memasuki musim penghujan, sehingga perlu juga kita semua mengantisipasi adanya bencana di sejumlah daerah di Jawa Timur.” Kita semua ini stake houlder baik Pemda, TNI/Polri, harus perlu untuk mewaspadai pergerakan radikalisme saat Natal dan tahun baru nanti. Sehingga masyarakat yang akan merayakan Natal dan pergantian tahun bisa merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Maka untuk menjaga Kamtibmas, Polda Jatim bersinergi dengan Jajaran TNI dan Polres jajaran saat melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2020. Operasi ini pun akan dilaksanakan selama 12 hari, yang di mulai 21 Desember sampai 4 Januari 2021.

Terkait hal ini, nantinya personil yang akan diterjunkan 8.559 orang, diantaranya dari Personil Polri dan Polres Jajaran. Antara lain dengan rincian, yaitu Polres jajaran 7.859 orang dan dukungan dari pihak jajaran TNI sebanyak 1.420 orang, serta dari Pemda sebanyak 2.003 personil. Ditambah lagi dari dinas terkait mulai Satpol PP, Linmas, BPBD dan dari Pramuka tersebut. (djoko)
Jawa Timur Amankan Natal Tahun Baru di Jatim, Polda Jatim Siapkan 8.889 Personil
Iklan Utama 5