logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

Musdes Desa Leuwinutug Bahas Program Tertunda

Musdes Desa Leuwinutug Bahas Program Tertunda
Bogor, Pro Legal News - Pemerintahan Desa (Pemdes) Leuwinutug Kec.Citeureup Kab.Bogor mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) tahun 2020. Musyawarah ini membahas program pembangunan anggaran tahun 2021.

Hadir dalam musyawarah yang berlangsung  beberapa hari lalu, yakni Sekcam Citeureup, Kasie Pemerintahan Kecamatan Citeureup, Babinsa dan Babinmas Desa Leuwinutug, Ketua BPD Desa Leuwinutug sebagai penyelenggara kegiatan, Kades Leuwinutug, RT/RW yang mewakili, Ketua Bumdes, Ketua Karang Taruna, Ketua Tagana dan Para Kader.

Kades Leuwinutug Deden Saiful Hamdi memaparkan semua kegiatan yang akan dilaksanakan pada anggaran tahun 2020.
"Saya ucapkan terima kasih kepada para hadirin yang sudah menyempat diri untuk hadir dalam kegiatan Musdes kali ini, sesuai dengan surat edaran dari Kecamatan bahwa hari ini adalah jadwal Musdes untuk Desa Leuwinutug," ujar Deden. 

Situasi era Covid-19, pihak penyelenggara tidak bisa menghadirkan seluruh RT/RW untuk mengingat masih dalam suasana PSBB Proporsional. Dalam pemaparannya Kades Deden menyampaikan beberapa kegiatan Desa Leuwinutug untuk anggaran 2020.

Disebutkan ada beberapa item yang harus diubah dalam segi pembangunan. “Kondisi pamdemi Covid-19, jadi 30% anggaran harus dialihkan untuk kegiatan Covid-19," ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan di tahun anggaran tahun 2020, pertama di sub bidang kawasan pemukiman, yaitu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan status belum terealisasi, KRL dengan status sedang dilaksanakan, Jumsih dengan status belum terealisasi.

Kedua sub bidang pendidikan yaitu Pelatihan (LDK) dengan status belum terealisasi, pustaka dengan status belum terealisasi, beasiswa untuk warga yang tidak mampu dengan status belum terlaksana, PKBM dengan status sedang dilaksanakan dan Rehabilitasi MD Arrofian dengan status belum terlaksana.

Ketiga sub bidang penanggulangan bencana darurat desa yaitu penanggulangan Covid-19, penyemprotan dan pembagian nasi box dengan status sudah terlaksana. Keempat bidang kepemudaan dan olahraga yaitu operasional kegiatan karang taruna dengan status sedang dilaksanakan.

Kegiatan Pordes Desa Leuwinutug dengan status belum dilaksanakan karena PSBB. Kelima Bidang Kebudayaan dan Keagamaan yaitu penyelenggaraan PHBN dengan status belum terealisasi, penyelenggaranan PHBI dengan status sedang PSBB, pemeliharaan sarana prasarana peribadatan dengan status belum terealisasi.

Kegiatan pengajian bulanan desa dengan status sedang dilaksanakan dan tertunda karena PSBB. Keenam bidang pembangunan betonisasi jalan lingkungan 16 titik, masing-masing sepanjang 200 meter dengan status hanya terealisasi 1 titik di wilayah RT 004/002, dan bidang kesehatan.

Ketua BPD Desa Leuwinutug Cecep Badurrahman sebagai penyelenggaran Musdes mengatakan, hasil musyawarah desa kali ini seluruh jajaran RT, RW, Posyandu, Kader, Karang Taruna, Destana menyetujui untuk melanjutkan rencana kerja pembangunan yang tertunda akibat anggaran dialihkan untuk Covid-19.

“Kita sepakat akan melanjutkan program yang sudah pernah kita gagas di tahun 2019 yang tidak terealisasi di tahun 2020, anggaran perubahan dan harus dialihkan untuk Covid-19. Namun kita tetap akan melanjutkan program pembangunan yang tertunda di tahun anggaran 2021," ujarnya.Tedi
Jawa Barat Musdes Desa Leuwinutug Bahas Program Tertunda
Iklan Utama 5